Chitika.com

Minggu, 03 April 2011

Jembatan Barelang Di Batam

Jembatan Barelang


Jembatan Barelang (singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang), Terletak sekitar 20 Km dari pusat kota Batam,total keseluruhan jembatan Barelang adalah sekitar 2264 Meter, dengan perincian Jembatan 1 sekitar 642m, jembatan 2 sekitar 420meter, jembatan 3 sekitar 270 meter, jembatan 4 sekitar 365 meter, jembatan 5 sekitar 365 meter dan jembatan 6 sekitar 180 meter,dan dikerjakan pada awal tahun 1992 dan selesai sekitar tahun 1998. Adalah  jembatan pertama antar pulau yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Masyarakat setempat menyebutnya "Jembatan Barelang", namun ada juga yang menyebutnya "Jembatan Habibie", karena beliau yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk menfasilitasi ketiga pulau tersebut yang dirancang untuk dikembangkan menjadi wilayah industri di Kepulauan Riau. Ketiga pulau itu sekarang termasuk Provinsi Kepulauan Riau.Keenam buah jembatan Barelang tersebut terdiri dari:
  • Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I),
  •  jembatan yang terbesar Jembatan Nara Singa (jembatan II), 
  • Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III) ,
  • Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV) ,
  • Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V) ,
  • Jembatan Raja Kecik (jembatan VI).
Jembatan ini memang unik untuk ukuran Indonesia, karena dibuat untuk menghubungkan pulau-pulau, bukan sungai seperti jembatan lain di Indonesia. Selain itu jembatan ini terlihat sangat gagah dan kokoh sehingga menjadi ciri khas kota Batam. Ramai turis maupun orang lokal yang sengaja menyinggahi jembatan yang jauhnya hampir sejaman dari pusat kota Batam ini untuk rekreasi.

Add caption

Pulau Batam,juga salah satu pulau terluar berjuluk pulau kalajengking ( Scorpions island ), pulau penting yang terletak diantara gugusan pulau di semenanjung riau yang mempunyai nilai strategis khususnya karena berada dalam lingkar kawasan segitiga emas sijori atau ( The Golden Triangel ) diantara Singapura.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tvOne WebNews - RSS Feed

Video